Kamis, 16 November 2017

Belum juga Wisuda Tapi Daftar Job Fair? Dapat!

Gelaran job fair beberapa besar dibarengi oleh mereka yang sudah diwisuda atau sudah memperoleh ijazah. Walau sebenarnya, untuk Anda yang Souvenir Wisuda Solo belum juga diwisuda juga, nyatanya tetaplah ada kesempatan lho!
Belum juga Wisuda Tapi Daftar Job Fair? Dapat!
Career Days adalah job fair yang teratur diselenggarakan oleh ECC UGM, 2 x dalam setahun. Moment ini senantiasa dipadati oleh beberapa pencari kerja yang berupaya mencapai karier yang diimpikan.
Walau demikian, sesungguhnya tidak cuma mereka yang telah mengantongi ijazah yang dapat datang serta melamar pekerjaan di job fair.


Dewi Astuti, Akun Manager ECC UGM, menerangkan, gelaran 15th Career Days UGM pada 10-11 Mei 2014 kelak tidak dikhususkan buat mereka yang telah mempunyai ijazah saja. “Ada perusahaan yang buka lowongan untuk mereka yang masih tetap menanti masa pendadaran atau wisuda, ” katanya.


Tidak mesti telah berijazah
Beberapa orang berfikir mesti lebih dahulu mempunyai ijazah untuk melamar pekerjaan. Asumsi itu tidak seutuhnya benar. Sebagian perusahaan juga buka lowongan untuk mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa itu umumnya tetap dalam masa tunggulah untuk diwisuda, atau menanti sidang skripsi.


Prasyaratnya, bila Anda punya niat melamar pekerjaan sebelumnya mengantongi ijazah resmi, mintalah surat pernyataan dari pihak fakultas, jurusan, atau dosen pembimbing. Surat itu menyebutkan kalau sekarang ini Anda adalah mahasiswa yang menanti masa wisuda maupun pendadaran. Sertakan juga tanggal kelulusan Anda sesuai sama jadwal wisuda yang juga akan Anda ikuti kelak. “Untuk yang telah skripsi, langkah tersebut cuma untuk yang telah tiba di step terakhir. Hingga tanggal kelulusan telah dekat serta tentu, ” terang Dewi.


Dewi merekomendasikan supaya mahasiswa yang belum juga mempunyai jadwal sidang pendadaran dengan tentu tidak untuk melamar pekerjaan dulu. Hal semacam ini untuk hindari perusahaan menanti Anda sangat lama untuk dapat mulai bekerja. Jadi, yakinkan tanggal kelulusan Anda kurun waktu dekat serta telah terang.


Tanyakanlah pada officer

Tidak semuanya perusahaan buka lowongan untuk mahasiswa tingkat akhir. Waktu lakukan publikasi lowongan, sebagian perusahaan memanglah memasukkan info itu dengan lengkap. Tetapi ada juga perusahaan yg tidak memberikannya. Untuk kejelasan info, tanyakanlah dengan segera waktu berjumpa dengan officer perusahaan di acara Career Days kelak.


“Bisa jadi, waktu unggah lowongan, officer belum juga terpikir. Jadi peluang, bila ada jobseeker bertanya, mungkin coincidental diijinkan untuk melamar, ” tutur Dewi. Ia meneruskan, mahasiswa semester akhir yang menginginkan melamar baiknya lakukan penelitian tentang perusahaan serta lowongan yang di buka. Hal semacam ini juga akan mempermudah Anda waktu ajukan pertanyaan pada officer. Dengan hal tersebut, saat Anda semakin lebih efektif untuk ajukan pertanyaan pada perusahaan spesifik saja.


“Sesuaikan tujuan perusahaan serta lowongan dengan bagian yang ditelateni, ” anjuran Dewi. Hal yang paling perlu adalah mengomunikasikan dulu pada officer untuk meyakinkan kalau lamaran yang Anda masukan tidak percuma.

Seleksi sebelumnya wisuda


Sistem seleksi pada pelamar yang belum juga wisuda dengan yang sudah mengantongi ijazah juga akan diberlakukan sama. Anda tidaklah perlu cemas. Bila Anda sudah meyakinkan kalau perusahaan buka peluang untuk mahasiswa semester akhir, kesempatan Anda juga akan sama juga dengan yang beda. Bila kwalifikasi Anda sesuai sama yang dikehendaki oleh perusahaan, perusahaan juga akan menanti sampai Anda dapat mulai bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar